STADIO DELLA ROMA

AS Roma pada tahun 2014 mengumumkan bahwa mereka akan membangun sebuah stadion baru, menggantikan Stadion Olimpico Roma yang mereka sewa dari pemerintah daerah kota Roma dan digunakan bersama rival abadi mereka, Lazio. Pembangunan Tor de Valle Stadio della Roma ini diperkirakan akan memakan biaya hingga 1,1 Miliar Euro atau setara dengan 16,48 Triliun Rupiah dan diperkirakan akan rampung Agustus tahun 2019.







James Pallotta selaku Presiden AS Roma saat itu menyatakan bahwa nantinya AS Roma dan stadion baru tersebut akan berfungsi sebagai jangkar untuk generasi yang akan datang. Ia pun menuturkan bahwa AS Roma tak sabar untuk bisa segera bermain di stadion baru tersebut. Ia berpendapat bahwa para suporter pantas mendapatkan stadion baru tersebut dan nantinya hal ini tentu akan menjadi pendorong utama klub untuk terus meraih kesuksesan.
Stadion ini dibangun di lokasi bekas Hippodrome di daerah Tor di Valle. Stadion ini juga terinspirasi oleh Colosseum serta dilengkapi dengan perangkat teknologi modern dan bagian atapnya akan dipasang layar video raksasa.
Dengan memiliki stadion sendiri, maka Roma bisa lebih mengatur situasi dan terutama mendapatkan hasil mutlak dari penjualan tiket mereka. Dalam rencananya nanti, Stadio della Roma akan berkapasitas 52.500 penonton. Lebih kecil memang dari Olimpico namun setidaknya ada kebanggaan yang luar biasa bagi Roma yang nantinya juga berharap ada sponsor yang mau membeli hak nama stadion tersebut.
FYI, untuk saat ini hanya ada tiga tim di Serie A Italia yang memiliki stadion sendiri, yaitu Juventus, Sassuolo, dan Udinese.

MEGA PROYEK & OPTIMISME

Tor di Valle Stadio della Roma ini nantinya diperkirakan akan berkapasitas 52.500 hingga 60.000 tempat duduk. Akan dibangun juga sebuah taman bisnis, pusat hiburan dan juga daerah hijau.
“Tor di Valle-Stadio della Roma adalah sebuah proyek yang akan membangkitkan semangat dan energi dari kota ini serta bagi warganya,” CEO Stadio della Roma, Mark Pannes.

SEDIKIT KENDALA

Presiden AS Roma, James Pallotta, angkat bicara mengenai proyek stadion baru untuk timnya. Pallotta menjelaskan, ada sebuah kemajuan dalam proses pembangunan stadium baru, tetapi tapi proyek tersebut harus tertunda lantaran mereka mesti mendapatkan persetujuan dari pihak Lazio.
“Kami sedang mengerjakannya dengan David Ginsberg selama enam bulan ke depan,” ujar Pallotta, dilansir Football Italia.
“Dia memimpin proyek ini dan telah melakukan sebuah pekerjaan yang hebat. Masih ada beberapa masalah yang terdapat didalamnya, tapi mereka dapat diselesaikan. Kami membicarakan berkas sekitar 8.000 halaman. Sekarang kami akan menunjukkan projek kepada semua pihak. Saya juga memiliki pembicaraan di Roma, ini sesuatu yang sangat penting untuk kota, juga untuk Italia, Eropa dan seluruh dunia.
“Ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai institusi pemerintahan. Namun saya bertanya kepada diri saya sendiri apakah fans juga menginginkan stadium ini, dimana Roma layak memiliki stadium sendiri, apakah keinginan mereka sama besarnya dengan keinginan saya.”

BABAK BARU

Usaha AS Roma untuk memiliki stadion baru sudah memasuki babak baru. Hal itu diungkapkan oleh Presiden James Pallotta yang merasa senang karena rencana pembangunan Stadio Della Roma tersebut telah diserahkan pada Dewan Kota untuk kemudian dijadikan bahan pertimbangan.
Sebenarnya rencana Roma untuk memiliki stadion baru sudah terjadi dalam waktu yang agak lama. Namun pembangunan harus tertunda karena adanya masalah dalam sejumlah hal meski kubu Roma tidak sedikit pun mengurungkan niatnya terhadap rencana besar mereka tersebut.
Maka, Pallotta merasa sangat senang ketika pada akhirnya mereka bisa memberikan rencana dan rancangan stadion tersebut kepada Dewan Kota dimana hal tersebut sebenarnya sudah dinantikan sejak lama oleh kubu Roma. Kini, mereka tinggal berharap agar tidak ada lagi kendala ke depannya agar bisa secepatnya melangsungkan proses pembangunan.
“Ini adalah hari yang penting bagi Stadio della Roma dan Tor di Valle (daerah bakal stadion tersebut berdiri). Proyek ini akan memberikan dampak yang signifikan di bidang sosial dan ekonomi bagi tim, fans, kota ini, dan juga Italia sendiri. Bisa menyelesaikan dokumen ini adalah hal yang luar biasa. Sekarang kami menunggu langkah berikutnya yakni membangun stadion baru yang bisa dibanggakan Roma,” jelas Pallotta. 

Sumber:
football5star-club.blogspot.co.id
sidomi.com 


Komentar